Para Mujahid di Panggil Pintu dari Pintu Jihad di Surga

Artinya:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang menginfakkan dua hal di jalan Allah maka dia dipanggil dari beberapa pintu surga: Wahai hamba Allah, inilah kebaikan (kenikmatan). Siapa yang ahli shalat, maka dia dipanggil dari pintu shalat, dan siapa yang ahli jihad maka dia dipanggil dari pintu jihad.”

Keterangan:

Perlu diketahui, dalam beberapa riwayat terdapat penjelasan bahwa surga memiliki sejumlah pintu. Pintu-pintu tersebut dipancangkan sebagai jalan masuk bagi siapa saja yang ingin masuk surga. Siapa saja yang ingin masuk surga dipersilakan melewati pintu-pintu yang telah disediakan. Tetapi, banyaknya pintu surga itu tidak serta merta membolehkan setiap orang masuk surga dengan seenaknya dari mana pun dia sukai. Masing-masing pintu memiliki ahlinya sendiri-sendiri. Artinya, pada setiap pintu terdapat rambu-rambu yang menyatakan hanya dimasuki oleh golongan tertentu.

Secara lebih nyata, ada pula malaikat yang bertugas memanggil setiap hamba yang dirinya termasuk dalam golongan tertentu itu. misalnya saja, seorang ahli shalat, dia dipanggil dari pintu shalat. Ahli puasa dipanggil dari pintu puasa (dalam sebuah riwayat disebut ar-rayyan). Ahli sedekah dipersilakan masuk dari pintu sedekah. Demikian seterusnya.

Jihad sebagai amal ibadah yang bernilai tinggi di mata Allah juga mendapat kehormatan dengan memiliki pintu sendiri sebagaimana pintu ibadah lainnya. Ada sebuah pintu surga yang hanya dikhususkan bagi siapa saja yang pernah dan gemar berjihad. Siapa yang enggan berpartisipasi dalam aktivitas jihad ini jangan harap bisa masuk lewat pintu itu.

0 Comments