Download Sholawat Tarhim & Adzan Syekh Mahmud Kholil al-Husari

 

Sholawat Tarhim & Adzan Syekh Mahmud Kholil al-Husari


Sholawat tarhim adalah salah satu sholawat yang cukup akrab di telinga orang Indonesia selain Sholawat Badar. Dari dulu hingga sekarang khususnya di pedesaan dan umumnya di perkotaan pulau Jawa, sholawat ini sering kita dengar menjelang waktu maghrib lebih-lebih lagi menjelang waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan, sholawat legendaris ini kerap kita dengar baik lewat corong masjid, musholla, surau/langgar ataupun radio.

Tahukah Anda, siapakah pengarang Sholawat Tarhim ini? Pengarangnya adalah Syekh Mahmud Kholil al-Husaari dari Mesir, loh kok dari Mesir bisa sampai kampung-kampung sih mas? Gimana ceritanya? sabar dulu, kita baca sejarahnya saja biar tahu. Menurut Cak Nun, Syekh Mahmud Kholil al-Husari pernah berkunjung ke Indonesia, belum di ketahui misi beliau dalam rangka apa, mungkin silaturahmi sesama ulama atau qori di Indonesia karena beliau adalah ketua Jam'iyyatul Quro' di Mesir. Kemudian ketika sampai di LOKANANTA Solo, beliau melakukan rekaman sholawat tarhim ini sekitar tahun 50-an.

Sholawat Tarhim

Syekh Mahmud Kholil al-Husari (1917-1980) adalah ulama lulusan Universitas al-Azhar Mesir, dan merupakan salah satu Qari (Pembaca al-Qur'an) terbaik dan paling ternama di jamannya, sampai-sampai beliau di gelari Syaikh al-Maqari (Ahli Qiro'ah). Beliau dikenal kepiawaiannya dalam membaca al-Qur'an secara tartil. Beliau pernah mengatakan bahwa membaca al-Qur'an bukan semata-mata tentang irama (lagu) atau seni bacaannya, paling penting adalah tartil, memahami bacaan al-Qur'an dengan baik dan benar, yaitu melalui studi kebahasaan (linguistik) dan dialek Arab kuno, serta penguasaan teknik pelafalan huruf maupun kata per kata dalam al-Qur'an. Dengan begitu bisa dicapai tingkat kemurnian (keaslian makna) yang tinggi dalam membaca al-Qur'an.


Dibawah ini kami cantumkan link Sholawat Tarhim karya beliau beserta adzan yang sangat merdu untuk kita dengarkan, dengan harapan menambah kecintaan kita kepada Baginda Nabi Saw. Silahkan di download semoga bermanfaat, sebelum kami akhiri artikel ini, mohon keikhlasannya mengirimkan hadiah al-Fatihah untuk beliau Syekh Mahmud Kholil al-Hushari, al-Faatihah...



Posting Komentar untuk "Download Sholawat Tarhim & Adzan Syekh Mahmud Kholil al-Husari"

Jangan lupa di share ya, agar kebaikan tidak berhenti di kamu, Barakallahu Fikum.