Stop Memupuk Dosa dan Maksiat


Stop Memupuk Dosa dan Maksiat

Stop Memupuk Dosa dan Maksiat


Sesungguhnya kita tidak pernah terlepas dari bayang-bayang kemaksiatan dalam diri kita. Kemaksiatan yang kita lakuan sesungguhnya menjadikan Allah SWT tidak ridho dan tentu saja secara tidak langsung menjadikan kita semakin jauh dari rahmat-Nya. Kemaksiatan berujung pada sikap kita yang tidak lagi menjalankan perintah-Nya. Ibadah seperti sholat, puasa, sedekah berlalu begitu saja. Beramal sholeh pun hanya angan-angan belaka. 

Kemaksiatan memang menawarkan segudang kesenangan dan kebahagiaan duniawi, namun tidak untuk urusan akhirat. Kemaksiatan sama saja membawa kita ke dalam jurang kehancuran. Allah SWT hanya akan mengingat umat-Nya yang rajin beribadah. Tudak mudah memang untuk meninggalkan perbuatan maksiat. Apalagi bagi yang sudah terlanjur basah menikmati kesenangan yang tercipta dari perbuatan maksiat. 

Meninggalkan maksiat memang lebih berat daripada mengerjakan perintah Allah SWT. Hanya orang-orang yang tergerak hatinya lah yang sanggup meninggalkan maksiat. Orang-orang yang terbimbing untuk bertaubat dengan taubatan nasuha, sebenar-benamya taubat. Apa sajakah yang termasuk dosa besar dalam Islam? Dosa besar yang sesungguhnya akan menghalangi datangnya rezeki kita. Bagaimana cara kita meninggalkan maksiat dan dosa-dosa tersebut. Pemahaman mengenai dosa besar dan cara meninggalkannya adalah sebagai berikut. 


A. Macam Dosa Besar 


Dosa merupakan tindakan yang melanggar aturan yang telah ditetapkan Allah SWT. Berikut 10 Dosa Besar dalam Islam yang wajib kita ketahui untuk kita hindari atau tinggalkan. 


1. Syirik atau Menyekutukan Allah SWT 

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syin'k) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. (QS. An Nisaa: 48).

2. Berputus Asa 
Dari Rahmat Allah SWT Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kahr. (QS. Yusuf: 87)

3. Merasa Aman Dari Ancaman Allah SWT 
Tiadalah yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi. (QS. Al A'raaf: 99)

4. Durhaka Kepada Kedua Orang tua 
Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. ( QS Maryam : 32).

5. Membunuh
Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu'min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya. (QSAn Nisaa: 93).

6. Menuduh Wanita Baik-baik Berbuat Zina 
Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanitawanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la'nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar( QS. An Nuur: 23) 

7. Riba 
Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. (QS Al Baqarah: 275) 

8. Berbuat Zina 
Barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu. (QS. Al Furqaan: 68-69) 

9. Memakan Harta Anak Yatim 
Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). ( QS. An Nisaa: 10) 

10. Lari Dari Medan Pertempuran 
Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dan' Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahannam. Dan amat buruklah tempat kembalinya. ( QS. AIAnfaal: 16) 


B. Cara Meninggalkan Maksiat atau Dosa Besar 

1. Peliharalah Mata 
Peliharalah mata agar terhindar dari maksiat dengan cara menjaga pandangan dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT. nggalkan sejauh-jauhnya melihat segala sesuatu yang dapat membangkitkan hawa nafsu. Termasuk di dalamnya janganlah memandang orang lain dengan pandangan yang rendah dan melihat aib orang lain hanya untuk berniat menjelek-jelekannya. 

2. MenjagaTelinga 
Berhenti mendengar perkataan yang tidak berguna seperti halnya ungkapan-ungkapan kotor dan hal lainnya yang bersifat mudhorot. Hal ini merupakan bentuk menjaga telinga dari maksiat. 

3. Peliharalah Lidah 
 Lidah seringkali membawa kita ke arah yang menjerumuskan diri kita sendiri. Misalnya saja banyak pertengkaran, perselisihan, dan kerusakan di muka bumi ini dikarenakan menggunakan lidah untuk berbicara halhal yang sewenang-wenang. Baik kata-kata kotor, menyakiti, bahkan kata-kata mengejek satu sama lain. Oleh sebab itu, mulai saat ini pergunakan lidah untuk sesuatu yang baik. 

4. Menjaga Perut 
 Sesungguhnya segala yang telah masuk ke dalam perut akan berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap tingkah akhlaq seseorang. Oleh sebab itu jagalan perut dari makanan yang haram. Meskipun halal. hindari secara berlebihan. Sebab hal itu akan menumpulkan pikiran dan hati nurani. Kita pun akan terserang obesitas atau kelebihan berat badan, apabila tidak mengontrol urusan perut. 

5. Menjaga Kemaluan 
 Menjaga kemaluan dengan mengendalikan dorongan melakukan apa-apa yang diharamkan oleh Allah SWT. Sebagaimana flrman Allah SWT. Dan mereka yang selalu menjaga kemaluan mereka, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau apaapa yang mereka miliki maka mereka tidak tercela. ( QS. Al Mukminun: 5-6) 

6. Menjaga Tangan 
 Menjaga kedua tangan dari melukai seseorang. Kendalikan diri ketika akan bertindak sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT. , menyiksa kucing, menyakiti makhlukAIIah dan menulis sesuatu yang diharamkan 

7. Menjaga Kaki
Peliharalah kedua kaki dari berjalan ke tempat yang 
diharamkan oleh Allah SWT. Janganlah berjalan menuju kelompok orang atau penguasa yang zalim tanpa ada alasan darurat karena sikap dan tindakan itu dianggap menghormati kezaliman mereka, sedangkan Allah SWT menyuruh kita berpaling dari orang yang zalim. 


0 Comments