بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

One Day Seventeen Hadist Jilid 2


  1. Apabila salah seorang kalian sampai di suatu majlis hendaklah memberikan salam. Dan apabila hendak keluar, hendaklah memberikan salam. (HR.Abu Daud).
  2. Apabila seorang wanita bermalam dengan niat ia menghindari ajakan suaminya di tempat tidur, maka Malaikat melaknatnya hingga ia rujuk. (HR.Bukhori.)
  3. Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempumakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang Iainnya. (HR.Baihaqi).
  4. Apabila kalian datang ke sholat sedangkan kami dalam kondisi sujud, muka ikutilah sujud, tapi jangan kalian anggap sebagai bagian dari rakaat. Dan siapa saja yang mendapati rukuk (bisa rukuk bersama imam), muka dia telah mendapati (bilangan rakaat) sholat.
  5. Apabila seseorang di antara kamu diundang (makan) hendaklah dipenuhi. Apabila puasa, hendaklah mendoakan (kepada orang yang mengundang). Apabila tidak puasa, hendaklah makan (HR.Muslim)
  6. Jika salah seorang dari kalian diundang ke acara walimahan, hendaklah ia datang. (H.R.Bukhari)
  7. Bila salah seorang diantara kalian melihat seorang wanita, lalu ia memikat hatinya, maka segeralah datangi istrinya! Sesungguhnya, istri itu memiliki kelebihan yang dimiliki oleh wanita itu. (HR.Tirmidzi.)
  8. Apabila salah seorang kalian melihat kekaguman pada saudaranya, pada dirinya, dan hartanya, hendaknya dia mendoakan barokah untuknya, karena pengaruh mata itu benar adanya. (HR. Ahmad)
  9. Apabila engkau melihat kekikiran yang di taati,hawa nafsu yang di ikuti,dunia yang dilebihi dan kagum setiap yang mempunyai pandangan dengan pandangannya. Wajib bagimu untuk mementingkan diri sendiri serta meninggalkan kepentingan umum. (HR.Abu Dawud.)
  10. Jika kamu melihat seseorang seIalu rajin ke masjid, maka saksikanlah bahwa dia adalah orang yang beriman. (HR.Ahmad)
  11. Apabila seorang isteri mengerjakan salat yang Iima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (menjaga kehormatannya), dan taat kepada suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.(HR.Ibnu Hibban.)
  12. Apabila kemaksiatan nampak terang-terangan di muka bumi, maka Allah menurunkan bencana pada penduduk bumi ini. (HR.Ahmad).
  13. Jika anak sudah bisa membedakan mana kanan dan kiri, maka perintuhlah anak itu untuk shalat. (HR. Abu Daud).
  14. Jika engkau berkata pada sahabatmu pada hari Jum’at :Diamlah, sedangkan khotib sedang berkhutbah!’ maka Sungguh engkau telah berkata sia-sia.(HR.Bukhori.)
  15. Apabila ada seseorang yang mengkafirkan saudaranya (seiman) maka salah satu dari keduanya akan tertimpa kekufuran. (HR.Muslim).
  16. Bila kamu tidak punya malu, maka Iakukan (apa saja) sesukamu. (HR.Bukhori).
  17. Jika seorang manusia mati maka terputuslah seluruh amalnya kecuali dari tiga hal, sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak shalih yang mendoakannya. (HR. Muslim)

Belum ada Komentar untuk "One Day Seventeen Hadist Jilid 2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel