بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Doa Ketika Dililit Hutang

Doa ketika dililit hutang

”Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan. Aku berlindung kepada-Mu dari Iemah kemauan dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan bakhil. Dan aku berlindung kepada-Mu dari banyak utang dan kezhaliman manusia.”
Dalam hadits riwayat Imam Abu Dawud dari Abi Sa’id Al-Khudri diterangkan bahwa pada suatu hari, Rasulullah
Saw masuk ke masjid dan menemukan seorang sahabat Anshar bernama Abu Umamah berada di dalam. Kemudian, beliau bertanya, ”Ya Abu Umamah, mengapa engkau berada di dalam masjid seorang diri, padahal sekarang bukan waktunya melakukan shalat fardu?” Jawabnya, ”Ya Rasulullah, saya sedang dilanda kesusahan, banyak menanggung utang.” Rasulullah kemudian bersabda, ”Ya Abu Umamah, maukah engkau menerima sekiranya aku mengajarkan doa kepadamu hingga kemudian dirimu bisa keluar dari kesedihan yang sedang engkau hadapi?”
Abi Umamah menjawab, ”Ya Rasulullah, aku merasa senang sekali sekiranya engkau berkenan menolongku.” Sabda Rasulullah, ”Bacalah setiap pagi dan sore doa tersebut.”
Selanjutnya, Abu Umamah memberikan keterangan bahwa setelah ia membaca doa di atas setiap pagi dan sore, ternyata utangnya bisa terlunasi dengan mudah. Dan ia pun terlepas dari segala kesusahan dan kesedihan.
Untuk itu, sudah selayaknya bagi setiap Muslim mengikuti jejak sahabat Abu Umamah, membiasakan diri membaca doa di atas setiap pagi dan sore, agarterhindar dari utang dan kezaliman sesama manusia, terhindar dari sifat pengecut dan bakhil, terlepas dari sifat malas dan lemah semangat, serta terselamatkan dari kesusahan dan kedukaan.

Belum ada Komentar untuk "Doa Ketika Dililit Hutang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel