Nama Nama Lain dari Bulan Rajab

Ibnu Jauzi ra. berkata dalam kitabnya At-Tabsirah dari Ibnu Arabi al-Maliki dari Al-Fadl katanya: ”Setiap orang Arab mengatakan rajabtu, maknanya ‘aku memuliakan si fulan’.” Sa’lab berkata, ”Dinamakan Rajab itu disebabkan kebesarannya.”
Sulaiman Az-Zaukani berkata: ”Dinamakan Rajab Ash-Shamm (yang tuli), karena orang-orang Arab tidak saling menyerang dalam bulan Rajab tersebut, sehingga mereka tidak mendengar bunyi pedang ataupun senjata pada bulan tersebut. Karena itulah dinamakan Ash-Shamm (yang tuli).”
Imam Syihabuddin dan Ahmad bin Rajab dalam kitabnya AI-Latha'if mengutip bahwa Rajab memiliki empat belas nama: Syahrullah (bulan Allah), Rajab (mulia), Rajab Mudhar (sangat mulia), Munshil Asnah (melepas anak panah), Munfis (yang indah dan bagus), Muthahhir (menyucikan), Al-Ashabb (mendapatkan), Ma'laa (tempat tinggi), Muqim (berdiam diri), Haram (tua), Muqasyqisy (terpelihara), Mubri' (bebas), Fard (menyendiri), dan Ash-Shamm (tuli). Ada juga yang mengatakan bahwa Rajab memiliki 17 nama, dengan tambahan: Rajam bil Mim, Manshilul Alat yakni Al-Jarbah dan Manzi as-Asnah.

0 Comments