Jihad sebagai Amal yang Utama


Artinya:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw ditanya: “Amal apa yang paling utama?” Beliau menjawab: “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.”
Beliau ditanya lagi: “Lantas apa?” Beliau menjawab: “Jihad di jalan Allah.” Beliau ditanya lagi: “Lantas apa?” Beliau menjawab: “Haji mabrur.”
Keterangan:
Jihad adalah amal yang paling utama. Karena dalam jihad terkandung unsur perjuangan seorang mukmin untuk menghidupkan dan mempertahankan agamanya. Upaya perjuangan tersebut membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Korban bisa saja berbentuk jiwa, raga, harta, tenaga dan lain sebagainya. Segala daya dan upaya wajib dikerahkan dalam rangka mempertahankan eksistensi agama ini.
Karena itu, sangat tepat bila jihad ditempatkan pada puncak hierarki amal setelah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Sebab, pergerakan jiwa dan raga untuk mempertahankan agama ini haruslah dilandasi iman kepada Allah dan Rasul. Tanpa itu setiap gerak langkah sepak terjang kita tidak bermakna apa-apa. Sebab bila diibaratkan sebuah tubuh, iman merupakan ruh, sementara jihad (perjuangan membentengi agama) merupakan jasad. Keduanya tidak dapat dipisahkan dalam kondisi dan situasi apa pun.

Posting Komentar untuk "Jihad sebagai Amal yang Utama"

Jangan lupa di share ya, agar kebaikan tidak berhenti di kamu, Barakallahu Fikum.