بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tips dan Cara Terhindar dari Gangguan Setan dan Jin Saat Tidur


Dalam hadis yang berasal dari Jabir bin Abdullah, dinyatakan: ’Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ’Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan” (HR. lbnu Hibban 5533, Hakim dalam al-Mustadrak 1969 dan beliau shahihkan, kemudian disepakati oleh Adz-Dzahabi). 

Di saat tidur, kita sangat butuh pertolongan dan pengamanan dari Allah. Untuk mendapatkan jaminan keamanan ini, Rasulullah shaIlallahu ’alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita berbagai doa dan zikir sebelum tidur. Kita bisa rutinkan doa ini, setiap kali Anda hendak tidur: 

1.    Ruqyah badan sebelum tidur. 

Yang dimaksud ruqyah itu adalah membaca surat Al-Ikhlas, AI-Falaq, dan An-Nas, kemudian ditiupkan ke dua tangan, lalu diusapkan ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau, sambil berbaring. 

Sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau mengatakan: ”Bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam membaca Al-Mu’awidzat, lalu meniupkan tangan untuk diusap ke badannya keti'ka beliau sakit yang mengantarkan kematian. Ketika Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam sudah sangat parah, aku (Aisyah) yang meniupkan ke tangan dengan bacaan surat tersebut, dan aku gunakan tangan beliau untuk mengusap badan beliau, karena tangan beliau berkah”. (HR. Bukhari No. 5735) 

2.    Tidur dengan Nama Allah.


Doa ketika hendak tidur

 Artinya: 

”Dengan Nama-Mu ya Allah, aku mati don aku hidup.” 

3.    Membaca Ayat Kursi.

Baca ayat kursi sebelum tidur. Jika Anda belum hafal, bisa buka surat Al-Baqarah ayat: 255. Bacaan ini sebelum tidur memiliki keutamaan yang besar. 

4.    Keempat, Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah, Sudah Mencukupi. 

Dua ayat terakhir surat AI-Baqarah, tepatnya surat Al-Baqarah ayat 285 dan 286. Dua ayat ini cukup bagi Anda dari segala sesuatu: 

a.    Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, surat dengan kandungan makna iman, Islam, bergantung kepada Allah, memohon pertolongan-Nya, tawakal kepada-Nya, diakhiri dengan permohonan ampunan dan rahmat. 

b. Makna”dua ayat ini cukup bagi pembacanya": dua ayat ini akan menjaganya dari segala keburukan, dan melindunginya dari segala yang dibenci. Ada sebagian ulama yang mengatakan; dua ayat ini menjadi sebab baginya untuk bangun malam. Sehingga dia bisa mudah melakukan tahajud. [keterangan Dr. Dib Bagha dalam Ta’liq Shahih Bukhari, 5/84]. 

Dari Abu Mas’ud Al-Badri radhiyallahu ’anhu, Nabi shalIalIahu ’alaihi wa sallam bersabda: ”Dua ayat di akhir surat AI-Baqarah, siapa yang membacanya di suatu malam, itu sudah cukup baginya.” (HR. Bukhari 4008 & Muslim 807). 

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Cara Terhindar dari Gangguan Setan dan Jin Saat Tidur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel