Cara Agar Tidak Putus Asa dari Rahmat Allah SWT

Maksiat Hati atau dosa hati yang kelima dari pengajian yang disebutkan oleh Abah Guru Sekumpul adalah Putus Asa dari Rahmat Allah SWT.

Cara Agar Tidak Putus Asa dari Rahmat Allah SWT

A. Makna Putus Asa dari Rahmat Allah SWT.

Orang yang telah melakukan perbuatan maksiat yang sangat banyak, lalu melihat akan dirinya, bahwa maksiat tersebut sangatlah besar, lebar dan banyak, sehingga hilanglah harapan bahwa Allah Maha Kuasa untuk memaafkan dan mengampuni. Munculnya perasaan bahwa tidak mungkin lagi akan dimaafkan oleh Allah, ditambahlah lagi dengan ucapan orang-orang yang mengatakan bahwa dirinya sudah pasti neraka jahannam, maka orang seperti ini, masuk dalam kategori bermaksiat hati.

B. Cara Agar Tidak Putus Asa dari Rahmat Allah SWT.

Tidak sedikit dalam hidup ini, orang mengalami kondisi dimana ia merasa sudah terlalu berdosa, sehingga menjustif- ikasi diri sendiri, tidak perlu lagi kembali kepada Allah, karena merasa bahwa Allah tidak akan memaafkannya lagi. Ini adalah dosanya hati karena telah menghilangkan kuasa Allah akan kebesaran dan keluasan maaf-Nya.

Oleh sebab itu cara, agar kita tidak berputus asa dari Rahmat Allah SWT, diantaranya yaitu:

1. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu lebih dalam berkenaan dengan Islam akan mengantarkan seseorang menjadi mengerti dan memahami akan suatu perkara baik itu berkenaan dengan hubungannya dengan Allah, manusia maupun alam semesta.

Adapun ilmu-ilmu yang sangat penting dipelajari diantaranya adalah Tauhid, Fiqih, Tasawuf. Tauhid akan mengantarkan seseorang untuk mengenal Allah dengan benar. Fiqih akan menjadikan seseorang paham akan perintah dan larangan dalam hidup. Tasawuf akan menjadikan seseorang menjadi bersih hatinya. 

2. Mengamalkan Ilmu

Setelah mendapatkan ilmu, maka, cara agar kita tidak berputus asa dari Rahmat Allah adalah dengan mengamalkan ilmu tersebut dalam kehidupan. Ilmu yang dipelajari tanpa diamalkan akan menjadi kosong. Beramal tanpa landasan ilmu akan menjadi sesat. Oleh karenanya ilmu dan amal harus selaras, berantai tanpa putus dalam implementasinya di kehidupan.


Posting Komentar untuk "Cara Agar Tidak Putus Asa dari Rahmat Allah SWT"

Jangan lupa di share ya, agar kebaikan tidak berhenti di kamu, Barakallahu Fikum.