Shalawat Ibrahimiyyah

shalawat Ibrahimiyyah

Allâhumma sholli ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ â-li sayyidinâ muhammad, kamâ shollaita ‘alâ sayyidinâ ibrâhîma wa ‘alâ â-li sayyidinâ ibrâhîm. Wa bârik ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ â-li sayyidinâ muhammad, kamâ bârokta ‘alâ sayyidinâ ibrâhîma wa ‘alâ â-li sayyidinâ ibrâhîm, fil ‘â-lamînâ innaka hamîdum majîd.

Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Sayyidina Muhammad dan keluarga Sayyidina Muhammad, sebagaimana Engkau bershalawat kepada Sayyidina Ibrahim dan keluarga Sayyidina Ibrahim. Limpahkanlah keberkatan kepada Sayyidina Muhammad dan keluarga Sayyidina Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkatan kepada Sayyidina Ibrahim dan keluarga Sayyidina Ibrahim di alam semesta ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Shalawat di atas dinamakan shalawat Ibrâhîmiyyah. Shalawat ini merupakan shalawat yang paling utama dari semua jenis shalawat yang ada. Shalawat Ibrâhîmiyyah inilah yang secara khusus dibaca di dalam shalat.

Di dalam berbagai hadis tentang shalawat Ibrâhîmiyyah memang tidak terdapat kata ‘Sayyidina’, meskipun demikian, para ulama menyatakan bahwa penambahan kata ‘Sayyidina’ di dalam shalawat tersebut adalah lebih utama. Pendapat ini dikemukakan oleh banyak ulama diantaranya adalah Imam Ramli dalam kitab Syarh Minhaj, Imam Ahmad bin Hajar dalam kitab Jauharul Munadzdzam, Imam Qasthalani dalam kitab Al-Mawahib dan lain sebagainya. Pendapat ini berlaku bagi semua shalawat.

Shalawat Ibrâhîmiyyah ini memiliki banyak keutamaan. Syeikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani di dalam bukunya Afdhalus Shalawat menyatakan bahwa ada seorang saleh berkata, “barangsiapa membaca shalawat Ibrâhîmiyyah di atas sebanyak 1000 kali,
maka insya Allah dia akan bermimpi bertemu dengan Nabi saw.

Posting Komentar untuk "Shalawat Ibrahimiyyah"

Jangan lupa di share ya, agar kebaikan tidak berhenti di kamu, Barakallahu Fikum.