Doa Mohon Ilmu / Wirid Belajar (Lengkap)

Mohon Ilmu / Wirid Belajar (Lengkap) 

Doa Mohon Ilmu / Wirid Belajar (Lengkap)


 سُبْحٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ اِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۗاِنَّكَ اَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ

رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا 

اللَّهُـمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

اللَّهُـمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

اللَّهُـمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

اللَّهُـمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

اَللَّهُـمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ، وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ، وَارْزُقْنِيْ عِلْماً تَنْفَعُنِيْ بِهِ

اللَّهُـمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ

اللَّهُـمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا

اَللَّهُـمَّ لَا سَهْلَ إِلَاَّ مَا جَعَلتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

اَللَّهُـمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا صَالِحًا، وَقَلْبًا خَاشِعًا، وَدُعَاءً مَسْمُوْعًا، اللهم عَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا وَانْفَعْنَا بِمَا عَلَّمْتَنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَعَمَلًا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَلَّلهُـمَّ افْتَحْ لَنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Di beberapa pesantren di Tanah Air, umum juga dilengkapi dengan doa-doa berikut:

اللَّهُـمَّ افْتَحْ لَنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ لَا تُعَذِّبْنَا بَعْدَهَا أَبَدًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنْ فَضْلِكَ الْوَاسِعِ رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تُفْقِرْنَا بَعْدَهُ إِلٰى أَحَدٍ سِوَاكَ أَبَدًا ، تَزِيْدُنَا لَكَ بِهَا شُكْرًا وَإِلَيْكَ فَاقَةً وَفَقْرًا ، وَبِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ غِنًى وَتَعَفُّفًا

رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالإِسْلاَمِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم نَبِيًّا

اللَّهُـمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ  وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ وَصَلَّى اللَّهُ  عَلٰى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ آمين

Kemudian setelah belajar, dapat membaca doa berikut:

لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ اللَّهُـمَّ أَسْتَغْفِرُكَ لِذَنْبِيْ ، وَأَسْأَلُكَ رَحْمَتَكَ ،اللَّهُـمَّ زِدْنِيْ عِلْمًا ، وَلَا تُزِغْ قَلْبِيْ بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنِيْ ، وَهَبْ لِيْ مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ 

Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana (QS. Al-Baqarah [2]: 32). 

Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku (QS. Taha [20]: 114).

Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima (HR. Ibnu Majah no. 925). 

Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu kepadaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap kondisi (HR. Ibnu Majah no. 251).

Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu kepadaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap kondisi. Dan aku berlindung dari siksa api neraka (HR. Ibnu Majah no. 3833). 

Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu kepadaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap kondisi. Dan aku berlindung dari kondisi atau perbuatan para penduduk neraka (HR. Tirmidzi no. 3599).

Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan rezekikanlah aku ilmu yang dengannya Engkau memberi manfaat kepadaku (HR. Hakim no. 1908). 

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat (HR. Ibnu Hibban no. 82). 

Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, hawa nafsu yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dikabulkan (HR. Muslim no. 2722).

Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang engkau mudahkan dan tidak ada yang sulit jika engkau menghendakinya kemudahan (HR. Ibnu Hibban no. 2427). 

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu ilmu yang berguna, perbuatan yang baik, hati yang khusyuk serta doa yang didengar. Ya Allah, ajari kami ilmu yang berguna kepada kami, dan berilah manfaat  terhadap ilmu yang Engkau ajarkan kepada kami. Dan tambahkan ilmu kami serta perbuatan baik kami wahai Zat yang paling belas kasih di antara yang paling pengasih (I’jaz al-Qur’an,  Shalih Ibn Abdul Aziz, 1/1). 

Ya Tuhanku, bukakan lah ilmu-Mu bagi kami dan hamburkan lah rahmat-Mu di atas kami. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan keagungan (Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Al-‘Aidrus, Jakarta). 

Ya Allah, bukakanlah (pintu rahmatmu) dari gudang-gudang rahmatmu untuk kami, janganlah  siksa kami selamanya setelah kami mendapatkan rahmat itu di dunia maupun di akhirat. Dan dari karunia-Mu yang Maha Luas rezeki yang halal serta baik untuk kami. Setelah itu, janganlah Engkau membuat kami membutuhkan orang lain selain-Mu selamanya, sebab rahmat dan karunia-MU, membuat kami semakin bersyukur kepada-Mu, dan semakin membutuhkanMu, dan semakin tidak membutuhkan orang lain selain Engkau ya Allah. (Doa Imam Muzanni, Zuhd Ahmad Ibnu Hanbal No. 1854)

Aku ridha Allah sebagai Tuhanku dan Islam sebagai agamaku, dan nabi Muhammad ﷺ sebagai nabiku ( HR. Bukhari no. 93 & Ibnu Hibban no. 863) 

Ya Allah, perlihatkanlah kepada kami kebenaran sebagai sesuatu yang benar, dan berikan kemampuan kepada kami untuk mengikutinya Dan perlihatkanlah kepada kami sesuatu yang salah (batil) sebagai kesalahan (kebatilan) dan berilah kami kemampuan untuk menjauhinya. Semoga Allah memberikan rahmat kepada Nabi kami, nabi Muhammad ﷺ dan keluarganya serta seluruh  sahabatnya, kabulkanlah doa kami ya Allah. (Musnad Ibnu Rahawaih, 1/9)

Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Ya Allah, aku mohon ampunan kepada-MU karena dosaku, aku mohon rahmat-MU. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu. Janganlah Engkau cabut hatiku setelah Engkau beri aku hidayah, berilah aku rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Memberi (Al-Adzkar, al-Nawawi, 1/96). 


0 Komentar