Cara Mengobati / Mengatasi Penyakit Hati beserta doa-doanya

Abdullah al-Anthakiy berkata, “Lima (perkara) semuanya termasuk obat-obat hati, yaitu berkedudukan dengan orang-orang salih (menghadiri majlis pengajaran dan kisah-kisah orang salih), membaca al-Qur-an (dengan merenungkan maknanya), mengosongkan perut (dengan mengosumsi sedikit yang halal), bangun malam (shalat sunat setelah bangun tidur). dan tadharru’ ketika subuh (memohon ampunan dan menangis menjelang waktu terbitnya fajar).

Sebagian ulama menambahkan perkara-perkara yang lain, yaitu: memperbanyak istigfar, mengingat kematian, mengunjungi kuburan dengan mengambil pelajaran dari keadaan penghuninya dan menyaksikan orang-orang yang sedang sakratul maut.

Di antara upaya-upaya menyembuhkan hati dari segala penyakit-penyakitnya adalah dengan berzikir. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Zikir kepada Allah adalah obat yang menyembuhkan (penyakitpenyakit) hati ”

Abdul Wahhab as-Sya’rani berkata, “dan ketahuilah! Sesungguhnya mengekalkan zikir kepada Allah Ta’ala dapat memadamkan segala penyakit yang bathin yaitu kesombongan, berbangga diri, riya, buruk sangka, dengki, demdam, khianat, menipu orang, suka dipuji dan yang selain itu.”

Sayyidi syaikh Muhammad as-Samani berkata, “dan perintahlah mereka (manusia) dengan (memperbanyak) berzikir kepada Allah Ta’ala, karena sesungguhnya disebutkan dari
Sulthanul ‘asyiqin quthubul ‘arifin maulana syaikh Abdul Qadir al-Jilani Qaddasallahu sirrah, bahwasannya apabila datang seorang perampok kepadanya, beliau berkata baginya, ‘bacalah! 
(maksudnya perbanyakkanlah membaca zikir Lailaa haillallaah) dan demikian lagi, apabila datang kepadanya oleh peminum arak, niscaya beliau memberi perimah dengan seperti itu dan bila datang kepadanya penzina, beliau berkata baginya, ‘bacalah lailaaha illallaah’ (maka) dengan keberkahan lailaaha illallaah, Allah Ta’ala memberikan taubat ke atas hambahambanya’”

Maka dari penjelasan itu dipahami bahwa, dengan memperbanyak berzikir dapat menyembuhkan penyakit-penyakit hati, mendapat taufiq untuk bertaubat dan bemulazamah serta istiqamah dalam beribadah, terutama berzikir dengan kalimat Lailaa haillallaah . karena sesungguhnya laailaaha illallaah adalah penghulu dan kepalanya segala zikir kepada Allah. Hendaknya barang siapa yang mempunyai penyakit hati memperbanyak membaca kalimah ini.

Berdo’a termasuk salah satu upaya pengobatan hati. Dan dari bermacam do’a yang telah disebutkan, maka do’a-do’a untuk keselamatan hati dapat dikumpulkan sebagai berikut:

Cara Mengobati / Mengatasi Penyakit Hati


1. Doa berlindung dari kejahatan hati, lidah dan anggota lain.

Doa berlindung dari kejahatan hati, lidah dan anggota lain.

2. Doa menghilangkan marah ketika bergejolaknya.

Doa menghilangkan marah ketika bergejolaknya.

3. Doa menghilangkan dar dengki dan dendam.

Doa menghilangkan dar dengki dan dendam.

4. Doa berlindung dari dengki dan menghilangkannya.

Doa berlindung dari dengki dan menghilangkannya.
Doa berlindung dari dengki dan menghilangkannya.
5. Doa untuk tidak mencintai dunia.

Doa untuk tidak mencintai dunia.
6. Doa untuk menghilangkan cinta dunia dan harta.

Doa untuk menghilangkan cinta dunia dan harta.

7. Doa menghilangkan Kikir.

Doa menghilangkan Kikir.

8. Doa agar tidak mencintai kemegahan.

Doa agar tidak mencintai kemegahan
9. Doa memperoleh ikhlas dan berlindung dari Riya beserta menghilangkannya.

Doa memperoleh ikhlas dan berlindung dari Riya beserta menghilangkannya.
10. Doa berlindung dari sombong dan bersifat dengan rendah hati.
Doa berlindung dari sombong dan bersifat dengan rendah hati.

0 Comments